5 Tips Voice Over untuk Pemula

Klik Pilihan Promo

Voice over atau pengisi suara membutuhkan latihan yang akan menghasilkan suara yang benar-benar khas. Beberapa latihan yang harus dilakukan secara konsisten adalah melatih pernafasan dan tanda baca. Keduanya sangat membantu seorang voice over talent dalam meningkatkan kemampuan mereka memberikan hasil suara berkualitas.

Seorang voice over talent dapat menghasilkan pembacaan narasi untuk voice over mereka secara lebih baik jika memiliki postur badan bagus. Hal ini dapat dilakukan dengan menarik bahu agar sejajar dengan punggung, melatih otot latissimus dorsi sembari mengembangkan tulang rusuk bukan dengan menggunakan paru-paru melainkan dengan diafragma. Terdapat tips voice over untuk pemula yang bisa kamu coba sehari-hari. Selengkapnya simak di bawah ini.

 

1. Mengenali karakter suara

freepik.com

Sebelum latihan, para pemula perlu mengenali warna suaramu, apakah suaramu termasuk dalam kategori bass, bariton, atau tenor, alto, mezzosopran atau sopran. Kamu juga perlu mengetahui karakter yang kamu kuasai. Jika sudah stabil untuk naskah panjang, baru kamu bisa mengeksplor karakter-karakter lain alias keluar dari zona nyaman.

2. Lakukan persiapan sebelum latihan

freepik.com

Biasakan untuk selalu minum dan tidur yang cukup sebelum sebelum berlatih atau merekam suara. Tidur 7-9 jam sehari sebelum rekaman membantu mengistirahatkan pita suaramu, sedangkan minum air hangat sebelum rekaman untuk menghidrasi tubuhmu. Kamu juga bisa melakukan senam mulut dan wajah sebagai pemanasan serta melemaskan otot wajah demi artikulasi yang jelas. 

 

3. Pahami naskah

freepik.com

Sempatkan untuk membaca seluruh naskah atau script, dengan begitu kamu bisa memahami maksud naskah tersebut, memberi tanda untuk memudahkan kamu membaca voice over-nya, dan mencari tahu cara baca kata yang menurutmu asing. Naskah VO bisa dibacakan dengan banyak gaya, mulai dari formal, santai, soft sell, hard sell, monolog/manifesto, story telling, dan sebagainya. Ini biasanya tergantung karakter produk, target pasar, serta permintaan.

 

4. Latihan membaca keras 

freepik.com

Menurut penelitian, berlatih minimal 15 menit setiap hari bisa membantumu lebih lancar saat rekaman. Kamu bisa mulai dengan sering membaca naskah, mulai dari berita, iklan, buku cerita, kemasan produk, atau bahkan baliho yang kamu lihat di pinggir jalan.

 

5. Gunakan power dan intonasi yang tepat

freepik.com

Berikan power pada suaramu saat berlatih atau rekaman supaya terdengar jelas. Emphasizing atau penekanan pada kata-kata tertentu juga sangat memengaruhi pesan yang akan tersampaikan pada pendengar. Nggak ada salahnya untuk melatih beberapa opsi intonasi supaya hasil voice over tidak monoton.

Klik Pilihan Promo
Blog_Voucher

Kode promo di atas tidak berlaku untuk Beli 1 Gratis 1.

Promo Beli 1 Gratis 1

Lihat koleksi sekarang !
Claude Tortoise (5956390584488)Claude Tortoise (5956390584488)
Hemat 221.000 IDR
Beli 1 Gratis 1

Claude Tortoise

2 reviews
378.000 IDR 599.000 IDR
Conway Tortoise (1869428621375)Conway Tortoise (1869428621375)
Hemat 221.000 IDR
Beli 1 Gratis 1

Conway Tortoise

378.000 IDR 599.000 IDR