5 Warna Mata yang Paling Umum di Seluruh Dunia

Menurut kata pepatah, mata adalah jendela hati. Biasanya, kita bisa melihat isi hati seseorang melalui sorot matanya. Tidak hanya itu, melalui mata, kita juga bisa melihat karakter dari orang yang kita temui. Mata juga menjadi ciri khas dari wajah seseorang karena bentuknya yang indah serta warnanya yang beragam.

Berbicara soal warna mata, apa warna matamu? Apakah hitam, cokelat, atau kebiruan? Warna mata biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor genetik, pigmen atau melanin dalam tubuh, faktor penyakit yang mungkin sedang dialami, hingga usia turut berpengaruh terhadap warna mata. Lalu, apa saja warna mata yang ada di dunia? Simak berikut ini!

1. Cokelat

warna mataDok. Pinterest

Cokelat merupakan warna mata yang paling umum di dunia. Hampir 80% manusia memiliki mata berwarna cokelat. Warna mata cokelat biasanya dimiliki oleh ras Asia, Eropa, dan Amerika. Menurut penelitian, warna bola mata cokelat muncul karena melanin mata yang lebih banyak di bagian stroma iris mata, sehingga semakin banyak kandungan melanin maka akan semakin gelap pula warna bola mata.

2. Biru

warna mataDok. Pinterest

Warna mata biru umumnya dimiliki oleh ras Eropa, seperti mereka yang berasal dari Denmark, Swedia, dan Norwegia. Terdapat 7-10% penduduk bumi yang memiliki warna mata biru. Warna biru pada mata disebabkan oleh kurangnya pigmen pada mata, sehingga menghasilkan warna mata yang lebih terang, salah satunya adalah warna biru.

3. Hijau

warna mataDok. Pinterest

Sama dengan warna biru, warna hijau pada mata juga terjadi karena terdapat hanya sedikit melanin pada mata. Bedanya, hal ini disertai dengan adanya pigmen lipochrome atau hamburan cahaya Rayleigh yang menyebabkan mata  jadi berwarna hijau. Pemiliknya cukup langka, hanya terdapat sekitar 2% manusia yang memiliki mata berwarna hijau.

4. Hazel

warna mataDok. Pinterest

Warna hazel pada mata terjadi karena kombinasi warna hijau, oranye, dan sedikit emas. Banyak yang mengatakan mirip dengan warna hijau, walaupun perbedaannya sebenarnya cukup terlihat. Warna mata yang satu ini sering ditemukan pada penduduk Amerika dan juga Eropa.

5. Abu-abu

warna mataDok. Pinterest

Warna mata yang juga cukup sering ditemui adalah abu-abu. Warna ini disebabkan oleh iris mata yang tidak memiliki melanin namun memiliki kelebihan kolagen. Hal ini biasa disebut dengan stroma. Stroma memblokir warna biru supaya tidak muncul, sehingga terciptalah warna abu-abu pada mata.

Blog_Voucher

Kode promo di atas tidak berlaku untuk Beli 1 Gratis 1.

Promo Beli 1 Gratis 1

Lihat koleksi sekarang !