Kapan Kacamata Diciptakan? Berikut Sejarah Singkatnya

Klik Pilihan Promo

Kacamata merupakan alat bantu penglihatan yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Seiring perkembangan zaman, kini kacamata telah bertransformasi sebagai salah satu fashion item yang dapat menunjang penampilan dan gaya hidup sehari-hari dengan desain dan model yang beragam. Namun tahukah kamu sejarah terciptanya kacamata? Ingin tahu lebih lanjut, simak di bawah ini.


Menurut sejarah, kacamata telah ada sejak masa kekaisaran roma, tepatnya pada zaman kaisar Nero yang telah berkuasa di tahun 54 sampai dengan 68 Masehi. Kacamata pada masa Kaisar Nero memakai batu zamrud yang berbentuk cekung yang biasa digunakan untuk membaca dan menonton pertunjukan gladiator.

Namun sejarah lain juga mengatakan bahwa China merupakan bangsa pertama yang menggunakan kacamata. Hal ini dibuktikan dengan bentuk kacamata yang diciptakan terlihat hampir mirip dengan bentuk kacamata yang telah ada sekarang ini. Kacamata juga diyakini sebagai sebuah jimat keberuntungan oleh bangsa China atau sebagai sebuah alat yang bisa menambah kewibawaan pada diri mereka.

Pada masa itu, kacamata memiliki bentuk lensa oval yang terbuat dari batu kristal dan memiliki bingkai dari tempurung kura-kura. Saat menggunakan kacamata tersebut, bangsa China memanfaatkan dua kawat dengan diberikan pemberat dan dikaitkan di topi atau telinga mereka.

Pada abad ke-13, perkembangan sejarah kacamata mulai dikenal di Eropa. Berbeda dengan bangsa China, Eropa telah mengenal kacamata dan memakainya untuk membantu memperjelas penglihatan.

 

slideplayer.com

Kacamata buatan Eropa dibuat menggunakan batu kristal dan berbagai batu transparan lainnya yang memiliki bentuk seperti kaca pembesar yang penggunaannya dipegang dengan memakai satu tangan.

Kacamata semakin berkembang dengan menggunakan lensa ganda dan diberi gagang yang dikaitkan ke bagian telinga untuk penggunaannya. Muncul inovasi dengan mengganti bagian gagang kacamata menggunakan tali atau pita yang dapat diikatkan pada kepala.

Melalui penemuan oleh seorang ilmuwan Inggris Sir Joseph Needham, pada akhir abad ke 13 telah ditemukan sebuah fakta bahwa memakai kaca sebagai lensa akan lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan batu yang transparan. Pada penelitian tersebut juga telah menunjukkan bahwa kacamata ditemukan 1000 tahun lalu di China dan telah tersebar ke semua bagian dunia di zaman kedatangan Marco Polo 1270.

Klik Pilihan Promo
Blog_Voucher

Kode promo di atas tidak berlaku untuk Beli 1 Gratis 1.

Promo Beli 1 Gratis 1

Lihat koleksi sekarang !
Lumi Clear Pink (5648557441192)Lumi Clear Pink (5648557441192)
Hemat 401.000 IDR
Beli 1 Gratis 1

Lumi Clear Pink

198.000 IDR 599.000 IDR