Sakit Mata Akibat Gatal? Atasi dengan Cara-Cara Berikut Ini!

Klik Pilihan Promo

Rasa gatal di mata seringkali membuat kita tanpa sadar mengucek kelopak mata sampai sakit mata. Padahal, mengucek mata itu berbahaya, apalagi kalau kita tidak membersihkan tangan sebelumnya. Mengucek bisa menyebabkan iritasi hingga membuat bakteri di tangan kita masuk ke mata. 

Supaya terhindar dari berbagai penyakit sampai harus datang ke klinik mata, lakukan hal-hal ini untuk mengatasi rasa gatal pada mata.

  1. Kompres Mata dengan Air Bersih
sakit mata, kelopak mata, klinik mata

Dok. Pinterest (@duoireland)

Mengompres mata menggunakan air bersih adalah cara paling efektif untuk mengurangi rasa gatal. Bila mata gatal dan merah, gunakan air hangat. Sebab, air hangat bisa memperlancar aliran darah pada mata. Bila mata gatal akibat kering, gunakan air dingin. Jangan lupa, pakai handuk bersih yang lembut agar kelopak mata tidak iritasi, lalu kompres selama 10-15 menit.

  1. Cuci Mata
sakit mata, kelopak mata, klinik mata

Dok. Pinterest (@selfmagazine)

Mencuci mata bisa menghilangkan benda asing yang masuk ke mata, seperti debu dan kotoran. Cara ini juga sangat dianjurkan apabila sakit mata yang kamu alami disebabkan oleh alergi. Eye bath cup adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk mencuci mata. Caranya, ambil wadah kecil, isi air, lalu arahkan mata ke wadah tersebut. Ketika mata terendam di air pada wadah tersebut, kedip-kedipkan kelopak mata sehingga benda asing berhasil keluar. Namun, bila ada benda asing selain debu dan kotoran yang masuk mata, sebaiknya kamu langsung ke klinik mata, ya!

  1. Pakai Obat Tetes Mata
sakit mata, kelopak mata, klinik mata

Dok. Pinterest (@health)

Sakit mata gatal akibat mata kering dapat diatasi dengan obat tetes mata. Obat tetes mata akan membuat mata menjadi lembab sehingga mata tidak lagi kering dan gatal pun sirna. Belilah obat tetes mata yang dijual bebas. Beli obat tetes mata dengan fungsi meredakan mata kering.

  1. Hindari Pemicu Mata Gatal
sakit mata, kelopak mata, klinik mata

Dok. Pinterest (@cnet)

Sakit mata gatal akan terus datang bila kamu tidak tahu atau belum menghindari pemicunya. Beberapa penyebab mata gatal, diantaranya:

- Berada di ruangan ber-AC, bisa menyebabkan mata kering dan menjadi gatal.

- Menggunakan lensa kontak terlalu lama

- Alergi, misalnya pada riasan mata dan debu.


Itu dia cara-cara mengatasi mata gatal tanpa perlu ke klinik mata. Apabila kamu sudah melakukan semua cara itu tetapi mata masih terus gatal, jangan ragu untuk pergi ke dokter, ya!

Klik Pilihan Promo
Blog_Voucher

Kode promo di atas tidak berlaku untuk Beli 1 Gratis 1.

Promo Beli 1 Gratis 1

Lihat koleksi sekarang !
Claude Tortoise (5956390584488)Claude Tortoise (5956390584488)
Hemat 221.000 IDR
Beli 1 Gratis 1

Claude Tortoise

2 reviews
378.000 IDR 599.000 IDR
Conway Tortoise (1869428621375)Conway Tortoise (1869428621375)
Hemat 221.000 IDR
Beli 1 Gratis 1

Conway Tortoise

378.000 IDR 599.000 IDR