Tips Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Pekerja Kantoran

Klik Pilihan Promo

Menabung adalah hal yang sudah familiar dilakukan sejak kecil. Walau bukan hal yang asing, masih banyak yang menganggap menabung adalah hal yang sulit, termasuk untuk para pekerja kantoran. Menabung adalah sebuah kegiatan paling dasar untuk menghemat dan menyisihkan keuangan dari penghasilan yang kamu dapatkan. Tidak perlu langsung menabung dalam jumlah yang banyak, kamu bisa mulai dengan menyisihkan 1 juta per bulan untuk kamu simpan sebagai tabungan. Terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menabung  1 juta per bulan.  Selengkapnya simak di bawah ini.

 

1. Lakukan perincian pengeluaran

pinterest.com

Sebelum memulai menyisihkan uang, kamu bisa mencatat atau merinci semua pengeluaran kehidupan sehari-hari. Melakukan rincian pengeluaran sehari-hari, kamu bisa menghitung rata-rata pengeluaran selama sebulan, sehingga rata-rata tersebut bisa menjadi acuan untuk langkah mengalokasikan pendapatan per bulan.

 

2. Berhemat

pinterest.com

Hidup hemat merupakan hal dasar yang harus kamu lakukan supaya keadaan finansial tetap sehat. Jika kamu belum terbiasa melakukannya, kamu bisa mulai dengan memilah pengeluaran dan pengeluaran yang kamu anggap penting dan perlukan di kehidupan sehari-hari, sehingga pendapatan tidak terbuang dengan sia-sia.

 

3. Mengalokasikan pendapatan per bulan

pinterest.com

Setelah mengetahui jumlah rata-rata pengeluaran setiap bulan, kamu bisa mengalokasikan gajimu untuk hal-hal yang lebih berguna. Alokasi gaji bisa menjadi acuan untuk mengelola keuangan sehingga lebih optimal. Lakukan metode 50/30/20 untuk mengalokasikan pendapatan perbulan. Metode tersebut diyakini ampuh untuk mengatur pendapatan setiap bulannya sehingga tidak ada pengeluaran yang sifatnya sia-sia. Selain itu pendapatanmu tetap bisa optimal meskipun hanya sebesar 1 juta.

 

4. Mulai berinvestasi

pinterest.com

Selain menabung, investasi juga merupakan salah satu cara menyisihkan uang yang juga sekaligus dapat mengoptimalkan pendapatan. Reksadana adalah sebuah wadah untuk mengumpulkan dana kolektif dari investor untuk berinvestasi bersama pada produk investasi pasar modal seperti surat berharga, obligasi, dan saham dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. 

 

5. Mencari penghasilan tambahan

pinterest.com

Jika sudah bisa menabung 1 juta perbulan, kamu bisa mulai upgrade tabungan dengan nominal yang lebih besar. Kamu bisa mencari penghasilan tambahan dari beberapa pekerjaan sampingan, seperti menjadi freelancer atau membangun bisnis online. Membangun bisnis online sambil menekuni pekerjaan utamanya serta memiliki penghasilan tambahan bisa mengalokasikan penghasilan tersebut untuk hal-hal yang mampu mendukung perencanaan finansial. 

Klik Pilihan Promo
Blog_Voucher

Kode promo di atas tidak berlaku untuk Beli 1 Gratis 1.

Promo Beli 1 Gratis 1

Lihat koleksi sekarang !
Claude Tortoise (5956390584488)Claude Tortoise (5956390584488)
Hemat 221.000 IDR
Beli 1 Gratis 1

Claude Tortoise

2 reviews
378.000 IDR 599.000 IDR
Conway Tortoise (1869428621375)Conway Tortoise (1869428621375)
Hemat 221.000 IDR
Beli 1 Gratis 1

Conway Tortoise

378.000 IDR 599.000 IDR