Bahaya! Lama Lihat Laptop Bisa Sakit Mata! Ini Cara Mencegahnya

Klik Pilihan Promo

Di zaman ini, banyak sekali pekerjaan yang mengharuskan kita melihat layar laptop terus menerus. Apalagi, mulai banyak kantor menerapkan sistem kerja work from anywhere, yang berarti semua pekerjaan murni dilakukan secara online dan harus melihat layar laptop minimal 8 jam penuh setiap hari.

Padahal, melihat layar laptop dalam waktu lama bisa bikin sakit mata, bahkan bisa membuat mata silinder dan tak jarang sampai membuat kita harus ke klinik mata! Apa saja cara mencegah supaya terhindar dari penyakit mata akibat melihat laptop terlalu lama? Simak di bawah ini, ya.

  1. Metode 20-20-20

sakit mata, klinik mata, mata silinderDok. Pinterest (@creativemarket)

Cara mencegah sakit mata akibat lama lihat layar laptop yang pertama adalah menggunakan metode 20-20-20 yang bisa mencegah mata lelah. Caranya, setiap 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat benda yang jaraknya 20 kaki (sekitar 6 meter). Metode ini sangat membantu untuk mencegahmu terkena mata silinder.

  1. Jangan Lupa Berkedip!
sakit mata, klinik mata, mata silinder

Dok. Pinterest (@freepik)

Terlalu fokus bisa membuat seseorang berkedip lebih jarang, apalagi bila pekerjaan kita mengharuskan kita membaca sesuatu yang cukup panjang. Padahal, berkedip bisa membuatmu terhindar dari mata kering. Bila mata kering, lama-lama bisa jadi merah dan iritasi.

  1. Atur Brightness Layar Laptop
sakit mata, klinik mata, mata silinder

Dok. Pinterest (@smallbizbonfire)

Tingkat kecerahan layar laptop sangat berpengaruh pada mata. Usahakan jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap. Selain itu, apabila sudah mengatur tingkat kecerahan yang pas, usahakan jangan bekerja di ruangan yang gelap. Ruangan yang gelap bisa membuat tingkat kecerahan laptop tetap menyakiti mata meskipun ada di tingkat yang pas.

  1. Atur Jarak Antara Mata dan Laptop
sakit mata, klinik mata, mata silinder

Dok. Pinterest (@designbundles)

Jarak paling ideal antara mata dan laptop adalah 50-100 cm. Posisinya pun harus pas, yaitu setara dengan mata kita. Itu sebabnya, jangan lupa posisikan layar laptop dengan baik, biasanya tingkat kemiringannya 15- 20 derajat.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi untuk Mata
sakit mata, klinik mata, mata silinder

Dok. Pinterest (@dreamstime)

Sayuran hijau, ikan salmon, telur, tuna, dan berbagai makanan yang mengandung vitamin A, C, lutein, selenium, omega-3, sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, kamu juga bisa konsumsi suplemen yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut agar kesehatan mata semakin terjaga dan terhindar dari mata silinder. Bila butuh saran, kamu bisa tanya ke klinik mata tentang apa saja yang kamu butuhkan untuk kesehatan matamu.

  1. Pakai Kacamata Anti Radiasi
sakit mata, klinik mata, mata silinder

Sinar biru dari laptop bisa membuat matamu sakit, apalagi ketika berada di depan layar dalam waktu yang lama. Untuk mengurangi pancaran sinar biru dari laptop, kamu bisa gunakan kacamata anti radiasi. Jangan pusing mencarinya, kamu bisa lihat kacamata anti radiasi dari Optika Lunett di sini.


Itu dia cara-cara merawat kesehatan mata agar terhindar dari sakit mata meskipun lama menatap layar laptop. Bila kamu sudah terlanjur merasa tak nyaman pada matamu, jangan ragu untuk periksa ke klinik mata. Mata adalah jendela dunia, jangan lupa untuk selalu merawatnya.

Klik Pilihan Promo
Blog_Voucher

Kode promo di atas tidak berlaku untuk Beli 1 Gratis 1.

Promo Beli 1 Gratis 1

Lihat koleksi sekarang !
Lumi Clear Pink (5648557441192)Lumi Clear Pink (5648557441192)
Hemat 401.000 IDR
Beli 1 Gratis 1

Lumi Clear Pink

198.000 IDR 599.000 IDR