Bukan Hanya Karena Menangis, Ini Penyebab Mata Sembab yang Perlu Kamu Tahu

Klik Pilihan Promo

Mata sembab jadi salah satu permasalahan sakit mata yang kerap dialami banyak orang. Selain setelah menangis, mata sembab juga biasanya terjadi saat bangun tidur. Tampilan mata yang terlihat bengkak dan kemerahan tentu mengganggu penampilan. Tapi, ternyata penyebabnya bukan sekadar karena sehabis menangis atau kurang tidur, lho.

Mata sembab umumnya ditandai dengan adanya penumpukan cairan di area kelopak mata. Penumpukan cairan inilah yang membuat tampilan mata jadi tampak bengkak. Banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Apa saja? Simak di bawah ini ya!

1. Alergi

mata sembab

Alergi musiman yang terjadi karena pergantian musim ini, biasanya menimbulkan hidung berair, kongesti (berlebihannya jumlah darah atau lendir di organ tubuh tertentu), dan mata yang gatal. Mata yang gatal ini berhubungan dengan histamin yang dilepaskan ke sistem tubuh saat terkena alergi. Histamin ini membuat mata radang dan akhirnya sembab.

2. Konjungtivitis 

mata sembab

Konjungtivitis adalah infeksi atau pembengkakan pada membran luar bola mata, dengan gejala berupa mata merah, berair, dan terasa gatal. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus, tetapi bisa juga disebabkan oleh bakteri. Selain infeksi, konjungtivitis juga bisa terjadi karena alergi dan iritasi terhadap zat tertentu. Untuk meredakan gejalanya, kamu dapat menggunakan kompres hangat atau obat tetes mata yang dijual bebas. 

3. Sengatan binatang kecil

mata sembab

Gigitan atau sengatan binatang kecil seperti serangga bisa menimbulkan reaksi alergi seperti mata bengkak. Lebah dan tomcat merupakan jenis serangga yang sengatannya dapat menyebabkan mata bengkak.

Selain daerah mata, sengatan serangga dapat menyebabkan pembengkakan di daerah mulut dan tenggorokan, sulit bernapas, pusing, nyeri perut, bahkan pingsan.

4. Terlalu banyak mengonsumsi garam

mata sembab

Tanpa disadari, banyaknya garam yang kamu konsumsi per harinya bisa bikin mata bengkak juga lho! Level sodium yang terlalu tinggi berdampak pada penumpukkan cairan. Tidak hanya bisa bikin perut jadi lebih buncit, hal ini juga bisa membuat mata tampak sembab.

Karena itu, kurangi makanan-makanan yang menyebabkan retensi seperti makanan kemasan, makanan beku, dan makanan kalengan. Kandungan natrium kerap kali ditambahkan untuk mengawetkan makanan-makanan seperti itu.

5. Bisa jadi tanda suatu penyakit

mata sembab

Mata sembab apalagi yang terjadi secara terus-terusan, bisa menjadi alarm pertama penyakit hipertiroid. Penyakit hipertiroid disebabkan oleh kadar hormon tiroksin yang diproduksi kelenjar tiroid, berlebihan dalam tubuh.

Beberapa gejalanya adalah turunnya berat badan secara mendadak, hiperaktif, siklus menstruasi tak teratur, dan insomnia. Jika telah mengalami hal ini, segera bawa dirimu berkonsultasi pada dokter umum.

Klik Pilihan Promo
Blog_Voucher

Kode promo di atas tidak berlaku untuk Beli 1 Gratis 1.

Promo Beli 1 Gratis 1

Lihat koleksi sekarang !