Wajib Tahu! 5 Pertolongan Pertama yang Bisa Kamu Lakukan Jika Sakit Mata

Klik Pilihan Promo

Sakit mata menjadi hal yang sering dialami banyak orang. Hal ini biasanya ditandai dengan berbagai keluhan, mulai dari mata gatal, berair, kemerahan, terasa ada yang mengganjal, hingga terlihat bengkak dan terasa sakit. Selain itu, tidak sedikit juga sakit mata yang bisa menular.

Penyebab sakit mata ini pun bisa beragam. Bisa karena mata sedang iritasi, terkena alergi, terjadinya peradangan, hingga berbagai faktor internal.  Beda penyebab sakit mata, beda jenisnya, beda pula cara penanganannya. Namun, dalam keadaan darurat, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit mata. Apa saja? Simak penjelasannya ya!

1. Gunakan obat tetes mata

sakit mata

Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Pilihlah obat tetes mata yang memang mengandung obat dan dapat mengatasi iritasi daripada obat tetes mata over the counter. 

2. Kompres mata

sakit mata

Sedang mengalami mata bengkak? Kamu bisa mengompres mata dengan menggunakan handuk dingin atau kapas yang telah dibasahi air dingin. Kamu bisa mengulangi cara ini beberapa kali hingga mata terlihat membaik.

3. Selalu sediakan salep mata

sakit mata

Kelopak mata terdapat benjolan atau bintit? Pastikan untuk selalu memiliki stok salep mata untuk mengatasi hal ini. Pastikan tanganmu dalam keadaan bersih ketika memoleskan salep pada mata ya!

4. Gunakan larutan khusus untuk membersihkan mata

sakit mata

Sakit mata bisa terjadi karena mata terkena debu atau kemasukan benda asing lainnya. Gunakan larutan khusus pembersih mata yang bisa kamu dapatkan di apotek. Bersihkan mata selama 30-45 detik di tiap mata. Ulangi setiap beberapa jam sekali.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika sakit mata. Tapi ingat, hal-hal ini bersifat pertolongan sementara. Jika kamu merasa sakit mata masih berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter ya!

Klik Pilihan Promo
Blog_Voucher

Kode promo di atas tidak berlaku untuk Beli 1 Gratis 1.

Promo Beli 1 Gratis 1

Lihat koleksi sekarang !