5 Fakta Menarik Tentang Warna Mata

Klik Pilihan Promo

Mata merupakan salah satu bagian tubuh terpenting dalam tubuh setiap manusia. Melalui mata, manusia dapat melihat keindahan alam hingga membantu kegiatan sehari-hari. Namun jika membahas tentang mata, terdapat beberapa fakta tentang warna mata yang menarik untuk dibahas. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1. Mata manusia ternyata berwarna cokelat

Ternyata, pada dasarnya mata manusia berwarna cokelat lho. Hal yang membuat mata seseorang terlihat berbeda warna tergantung pada seberapa banyak cahaya yang diserap oleh melanin, semakin sedikit melanin yang miliki di iris, semakin sedikit cahaya diserap yang kemudian akan menghasilkan lebih banyak cahaya yang dipantulkan kembali dari mata dan membuatnya terlihat hitam, cokelat, atau biru.

 

2. Warna mata bisa berubah

Area mata yang berwarna disebut iris, yang mengandung pigmentasi yang menentukan warna mata seseorang. Warna mata manusia berasal dari gen untuk sebagian besar warna yang umum, seperti warna mata hijau, cokelat, dan biru. Masing-masing orang tua memiliki dua pasang gen pada setiap kromosom.

Ada banyak kemungkinan cara untuk mengekspresikan informasi genetik ini dalam hal warna mata. Faktanya di awal kehidupan, warna mata dapat berubah. Menggelapnya warna mata terjadi jika melanin, pigmen cokelat yang biasanya tidak ada saat lahir, dan berkembang seiring bertambahnya usia.

 

3. Warna mata gelap lebih mudah terkena katarak

Mereka yang memiliki warna mata cokelat diyakini lebih berpotensi terkena penyakit katarak dibandingkan warna mata lainnya. Hal ini berdasarkan penelitian di Australia yang berjudul “Iris Color and Cataract: The Blue Mountains Eye Study”, menunjukkan bahwa ada hubungan antara warna iris dan katarak. Iris mata berwarna coklat tua lebih rentan terkena katarak dibandingkan warna mata lainnya yang lebih terang.

 

4. Warna mata coklat gelap jarang mengalami gangguan pendengaran sensorik


Berdasarkan artikel oleh National Library of Medicine mengungkapkan orang-orang yang memiliki warna mata cokelat lebih jarang terkena gangguan pendengar, dibandingkan dengan warna mata yang terang. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah melanin yang lebih banyak, melanin akan melindungi saraf di otak kita dari suara yang keras dan bising.

5. Pemilik mata biru memiliki nenek moyang yang sama

Para peneliti di Universitas Kopenhagen menemukan bahwa setiap orang dengan mata biru adalah keturunan dari seseorang yang hidup antara 6.000 dan 10.000 tahun yang lalu. Orang ini biasanya memiliki mata cokelat tetapi membawa mutasi genetik pertama untuk mata biru, yang diturunkan dan tersebar ke banyak generasi.

Klik Pilihan Promo
Blog_Voucher

Kode promo di atas tidak berlaku untuk Beli 1 Gratis 1.

Promo Beli 1 Gratis 1

Lihat koleksi sekarang !
Oliver Tortoise (5648557899944)Oliver Tortoise (5648557899944)
Hemat 401.000 IDR
Beli 1 Gratis 1

Oliver Tortoise

198.000 IDR 599.000 IDR
Lumi Clear Pink (5648557441192)Lumi Clear Pink (5648557441192)
Hemat 401.000 IDR
Beli 1 Gratis 1

Lumi Clear Pink

198.000 IDR 599.000 IDR