Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Layar Elektronik

Klik Pilihan Promo

Merasakan mata lelah memang tak bisa dihindari saat melakukan berbagai pekerjaan di depan layar laptop, komputer hingga handphone. Sering diremehkan namun merasakan mata lelah berkepanjangan ternyata dapat merusak penglihatan dan mengganggu aktivitas sehari-hari lho. Sebelum lebih parah, ada baiknya untuk mengetahui cara mengatasi mata lelah akibat menatap layar elektronik yang telah dirangkum di bawah ini.

 

1. Atur pencahayaan ruang kerja

Mata lelah sering disebabkan oleh cahaya yang terlalu terang, baik dari sinar matahari di luar ruangan yang masuk melalui jendela ataupun pencahayaan ruang kantor yang berlebihan yang mengakibatkan kamu harus selalu menyipitkan mata selama bekerja. Kamu bisa mengatur pencahayaan yang masuk dengan bekerja di ruangan dengan cahaya yang cukup, tidak terlalu terang namun tidak terlalu gelap.

 

2. Atur kontras sinar layar elektronik

Sesuaikan kontras ukuran dan warna teks untuk kenyamanan mata , terutama saat membaca yang panjang. Teks hitam dengan latar belakang putih merupakan kombinasi terbaik. Kamu juga bisa menggunakan laptop dengan layar LCD karena diyakini lebih aman pada mata dan biasanya memiliki permukaan anti-reflektif.

 

3. Berkedip lebih sering

Berkedip sangat penting saat bekerja di depan komputer karena membantu membasahi mata supaya tidak kering dan menyebabkan iritasi. Menurut penelitian, orang yang bekerja di komputer berkedip lebih jarang yaitu sekitar sepertiga dari biasanya. Hal ini membuat menimbulkan risiko mengalami mata kering. Kamu bisa mencoba untuk berlatih senam mata setiap 20 menit, berkedip 10 kali dengan menutup mata sangat lambat.

 

4. Pejamkan mata sejenak

Menurut satu studi terbitan NIOS, salah satu cara ampuh untuk mengatasi mata lelah adalah dengan memejamkan mata sejenak. Hal ini bisa mengurangi ketegangan dan kelelahan oto sekitar area mata.

 

5. Rutin cek mata

Rutin cek mata di dokter mata dapat membantu untuk mencegah dan mengatasi mata merah akibat seharian berasa di depan layar komputer. Menurut National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH), orang-orang seharusnya lebih dulu menjalani pemeriksaan mata sebelum mulai bekerja dengan komputer, dan kemudian rutin setahun sekali setelahnya.

Klik Pilihan Promo
Blog_Voucher

Kode promo di atas tidak berlaku untuk Beli 1 Gratis 1.

Promo Beli 1 Gratis 1

Lihat koleksi sekarang !