Cara Mengobati dan Mencegah Sakit Mata yang Menular

Klik Pilihan Promo

Penanganan sakit mata menular perlu disesuaikan dengan penyebabnya sehingga sangat disarankan untuk menjalani proses pemeriksaan ke dokter spesialis mata untuk mengetahui penyebab pasti sakit mata menular. Berikut beberapa cara untuk mengobati sakit mata menular yang telah dirangkum di bawah ini.

1. Pengobatan secara mandiri di rumah

Terdapat beberapa pilihan pengobatan secara mandiri di rumah, diantaranya membersihkan kelopak mata dengan kain basa, mengompres mata dengan kain yang sudah direndam air dingin untuk meredakan bengkak, mengompres mata dengan kain yang direndam air hangat untuk meredakan rasa nyeri dan membantu membersihkan mata yang belekan, tidak menggunakan lensa kontak untuk sementara waktu, tidak banyak menyentuh atau menggaruk mata.

 

2. Penggunaan obat-obatan dari resep dokter

Jika sakit mata menular yang disebabkan oleh bakteri, dokter dapat meresepkan obat antibiotik dalam bentuk tablet atau kapsul untuk diminum, serta salep atau obat tetes mata. Sedangkan sakit mata menular yang disebabkan oleh virus dapat diobati dengan obat antivirus. Namun, sakit mata menular akibat infeksi virus ada juga yang tidak membutuhkan penanganan khusus. Meredakan keluhan pada mata, seperti nyeri dan mata merah, dokter dapat memberikan obat tetes mata berupa air mata buatan dan obat pereda nyeri golongan antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

 

3. Operasi mata

Jika gejala tidak kunjung reda dengan obat dan perawatan di rumah dan penggunaan obat resep, maka dokter akan menyarankan operasi mata. Penanganan ini biasanya dilakukan untuk mengatasi sakit mata menular yang sudah parah, seperti pada trakoma dan endoftalmitis.

Sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya melalukan pencegahan terjadinya sakit mata yang menular. Terdapat beberapa langkah pencegahan dengan cara cuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik terutama setelah melakukan kontak dengan penderita sakit mata menular, hindari menyentuh wajah, terutama bagian mata, hidung dan mulut, membersihkan cairan yang keluar dari mata dengan tisu bersih, lalu segera buang tisu ke tempat sampah, mencuri sprei, sarung bantal dan guling, serta handuk dengan deterjen dan air hangat secara rutin, menggunakan lensa kontak dengan baik dan benar dan menghindari berbagi penggunaan obat tetes mata, lensa kontak, kacamata, handuk, dan kosmetik dengan orang lain, terutama orang yang sedang sakit mata.

Klik Pilihan Promo
Blog_Voucher

Kode promo di atas tidak berlaku untuk Beli 1 Gratis 1.

Promo Beli 1 Gratis 1

Lihat koleksi sekarang !
Lumi Clear Pink (5648557441192)Lumi Clear Pink (5648557441192)
Hemat 401.000 IDR
Beli 1 Gratis 1

Lumi Clear Pink

198.000 IDR 599.000 IDR